Atau Atau
Wednesday , November 14 2018
Home / Tips & Trik / 6 Amalan Dahsyat di Malam Takbiran dan Menjelang Hari Raya idu Fitri

6 Amalan Dahsyat di Malam Takbiran dan Menjelang Hari Raya idu Fitri

Kanglukman.com – Hari kemenangan telah tiba, yaitu : Malam takbiran.sebuah pertanda besok adalah hari raya idul fitri.Hari kemenangan Umat Islam Seluruh penjuru dunia. Suara takbir berkumandang dari malam sampai pagi hari. Setelah sekian lama umat islam menjalankan ibadah puasa sebulan penuh (ramadhan) maka tiba waktunya untuk menyambut hari raya idul fitri.

Untuk menghidupkan malam takbiran sangat baik untuk menjalankan amalan-amalan sholat sunnah dan amalan lainnya seperti mengucapkan takbir dan amalan lainnya. Ada 6 Amalan Dahsyat di malam takbiran dan saat hari raya idul fitri yang bisa Anda lakukan dirumah ( sesuai anjuran dari Pengasuh pondok pesantren Ponpes Al-Fachriyah, Tangerang, Habib Ahmad bin Novel Jindan) berikut amalannya :

  1. Perbanyak Takbir dan Amalan Sunnah Lainnya Bahwasannya Nabi Muhammad SAW menjanjikan barang siapa melakukan ibadah lima malam dalam setahun, maka Allah SWT akan menghidupkan hatinya disaat manusia dilanda kematian hati.
  1. Makan walaupun sedikit.setelah masuk waktu subuh. Amalan ini sebagai tanda bahwa hari raya idul fitri sudah tiba.
  2. Mandi Sunnah di hari raya(mandi besar) Mandi sunnah ini dilakukan sejak tengah malam pada malam hari atau saat setelah subuh dengan berbagai do’at dan tata cara pelaksanaannya.
  1. Melaksanakan Sholat ied, Dikerjakan secara berjamaah, dengan khutbah setelah salat seperti khutbah Jumat dalam hal syarat dan rukunnya.
  2. Bersilaturrahim, Sebagaimana hadis Rasulullah SAW bahwa silaturrahim dapat memparpanjang usia menumbuhkan kasih sayang di antara sesama umat muslim.
  3. Puasa 6 hari di Bulan Syawal.

Sebagaimana hadist Rasulullah, “Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan, lalu ditambah dengan 6 hari di bulan Syawwal, seolah-olah ia telah berpuasa setahun penuh.” Para Ulama mengatakan, yang paling afdhal adalah dengan menyambungkan puasa tersebut mulai dari hari kedua bulan Syawal sampai hari ketujuh. Namun tidak menutup kemungkinan bagi yang ingin mengerjakannya secara acak di bulan Syawal, itu diperbolehkan.

 

About adminJuragan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: