Atau Atau
Thursday , August 22 2019
Home / Blog / Google Maps Memudahkan Bisnis Online Dikenal Lebih CEPAT

Google Maps Memudahkan Bisnis Online Dikenal Lebih CEPAT

Bisnis online adalah aktifitas seseorang atau perusahaan dalam melakukan pemasaran, negosiasi, penawaran hingga melayani komplain customer terkait aktifitasnya.

Bisnis online bukan hanya menjamur, tapi sudah seperti rumah susun yang padat penghuni. Bayangkan saja dalam lingkungan kelurahan bisa ada 3 – 10 orang yang memilikki bisnis online, tapi kerennya bisnis online tidak tampak oleh orang awam bahkan tetangga kita sekalipun kecuali dia tanggap teknologi kekinian.

Lalu apa hubungannya dengan Google Maps Memudahkan Bisnis Online Dikenal Lebih CEPAT, dengan adanya Google Maps memudahkan aktifitas bisnis anda mudah terendus calon pembeli. Contoh ya misal saya mau cari bengkel AC mobil tapi disini ceritanya saya sudah mengincar satu nama bengkel dan lokasi yang akan saya lewati nantinya, saya ketikkan Bengkel Multi AC di Google.co.id lihat penampakkan yang terjadi.

Google Maps Memudahkan Bisnis Online Dikenal Lebih CEPAT

Bisnis online anda juga bisa tampil di Google.co.id, ada beberapa lokasi yang secara otomatis tampil, namun untuk bisnis sebaiknya anda memasukkan sendiri ke direktori Google Maps caranya sangat MUDAH!!! Mau? Ikuti langkah-langkahnya ya.

  1. Pastikan anda memakai laptop atau PC ya (spek tidak diutamakan)
  2. Ada koneksi internet stabil, jika memakai modem kartu pastikan kuota minimal 1 giga
  3. Pastikan juga bahwa di area tercakup koneksi internet yang bagus (khusus untuk modem kartu)
  4. Buka browser (Chrome/Mozilla/UC/Opera/Safari/lainnya), pilih satu saja
  5. Ketikkan ini https://maps.google.com di address bar atau tekan tombol F6 lalu ketik dan enter
  6. Sudah tampil halaman google maps, pilih garis berjajar 3 kebawah atau lihat gambar
  7. Klik saja, jika koneksi internet stabil akan tampil seperti ini
  8. Ada yang belum bisa tampil? Tunggu beberapa menit ya. Kalau sudah beres, sekarang anda pilih yang saya kasih kotak warna merah “Tambahkan Tempat” atau kalau Browser anda berbahasa inggris “Add a missing place” semoga tidak salah.
  9. Lalu akan tampil seperti ini
Baca Juga  Peluang Bisnis Online 2017, Dengan Modal Minim Bahkan Nyaris Tanpa Modal
Cara Masuk Menu Settiing
Cara Masuk Menu Settiing
Add a Missing Place
Add a Missing Place

Tips Untuk Memasukkan Bisnis Online di Google Maps;

  1. Seperti tampak pada gambar di atas, klik dulu gambar pojok kiri bawah “satelit”, tujuannya agar anda benar-benar bisa melihat lokasi atau posisi mana yang akan ditandai.
  2. Isi formulirnya, jika alamat yang anda ketik ternyata tidak mendapat respon otomatis maka anda perlu menarik ikon balon ke lokasi atau alamat yang anda maksud.
  3. Setelah formulir terisi lengkap, maka anda tinggal klik tombol “Kirim” atau “Submit”
Lengkapi Data Disini
Lengkapi Data Disini

Status lokasi yang anda masukkan akan diberitahukan oleh pihak Google melalui email, nah email yang dipakai adalah Gmail.com. Kalau pakai yang lain bagaimana? Saya belum pernah, karena Google menawarkan banyak kelebihan dengan satu akun email mereka, kita sebagai pengguna bisa mengakses semua produk Google;

  1. Youtube
  2. Google Plus
  3. Gmail
  4. Google Drive
  5. Blogspot
  6. Google Docs
  7. Google Play Store

Sebenarnya masih ada banyak produk Google lainnya, namun yang banyak dipakai orang beberapa sudah saya sebutkan diatas. Gimana seru kan?

Biasanya untuk pemberitahuan status lokasi yang anda masukkan paling cepat 30 menit sejak di submit, dan paling lama ditinjau 7 hari kerja atau bisa lebih lama. Kalau saya pribadi, tidak sampai 30 menit sudah disetujui selama alamat, no hp dan nama jelas tapi kadang saya juga heran ketika informasi sudah lengkap ternyata lokasi yang ditandai tidak segera disetujui. Bila sudah begitu, coba anda cek dulu di Google Maps jika tampil tapi tidak lokasi semestinya lebih baik dihapus saja (pilih delete permanent atau sudah pindah), kemudian ulangi langkah diatas untuk memasukkannya lagi, percobaan yang kedua dan ketiga biasanya berhasil.

Selagi ingat, di Google itu ada fitur yang mendukung para pebisnis nama produknya Google My Business.

Baca Juga  5 Peluang Bisnis Online 2018, Nomer 3 Nggak Ada Matinya!

Jadi yang saya baca sekilas dari artikel lain, di Google Bisnis ini anda bisa mendaftarkan lokasi usaha atau bisnis atau perusahaan lebih detail. Kelebihannya ketika anda mendaftarkan di Google Bisnis maka secara otomatis akan tampil juga di Google Maps, selain itu anda akan menerima surat dari pihak Google yang berisi kode verifikasi 5 digit, kira-kira seperti ini yang saya ambil dari Google Image.

Untuk Google My Business ini saya tidak bisa menjelaskan lebih detail dikarenakan saya juga belum praktek sendiri, jadi anda bisa mencari tutorialnya di Youtube atau artikel lain. Proses pendaftaran sama mudahnya dengan Google Maps, intinya sih anda harus punya data yang diperlukan oleh Google My Business agar segera disetujui dan menerima surat tersebut. Sudah banyak orang Indonesia yang mendaftarkan bisnis mereka, bahkan 2016 silam sempat booming di timeline saya beberapa teman di facebook serentak menerima surat tersebut.

Jadi kalau anda memang sangat menyadari pentingnya sebuah pertumbuhan bisnis perusahaan anda, terlebih sengaja untuk online 2 cara diatas patut dicoba. Pertama anda menang banyak dari kompetitor anda yang masih offline, kedua anda tidak perlu kerja 2x untuk memasarkan lokasi anda. Penting digarisbawahi, daftarkan nama yang unik, nama yang mudah di ingat agar saat orang mencari di Google langsung saja bisnis anda yang nongol paling awal.

Sedikit cerita ya, bulan Maret 2017 saya iseng memasukkan produk herbal di Google Maps tujuan saya waktu itu agar orang lebih mudah menemukan produk tersebut, karena waktu itu saya melakukan pemasarannya menggunakan facebook, blogspot, wordpress dan terakhir google maps. Nah dari sekian banyak itu, harapan saya cuma satu agar orang yang sengaja mencari langsung menemukan saya di internet dan kring order.

Baca Juga  7 Teknik Jago Jualan Online Untuk Pemula
Google Maps 2 Kanglukman.com

Ternyata benar, selain dapat kring order dari facebook juga ada beberapa orang yang menyatakan menemukan nomer hp saya dari Google Maps. Benar-benar sangat membantu, jadi bukan suatu paksaan lagi ketika saya menyusun artikel ini “Google Maps Memudahkan Bisnis Online Dikenal Lebih CEPAT” karena memang terbukti menghasilkan. Bahkan saat pindah kost, alamat yang berada di Google Maps tersebut juga saya ganti. Lalu efeknya gimana? Sama saja dapat kring order terus, semisal di persentase 50% pembeli saya berasal dari sosial media seperti facebook dan instagram, 50% lagi mereka sengaja mencari di google dan ketemunya ya di maps itu. Meskipun ada beberapa orang yang “kesasar” inginnya menghubungi penjual lain karena harga lebih murah, tapi yang ditelpon nomer saya, kalau sudah rejekinya meskipun kesasar tetap saja closing.

Nah, itu cerita dari saya dan sedikit pengalaman tentang penggunaan Google Maps, untuk mengenalkan bisnis online agar dikenal calon pembeli lebih cepat.

Semisal ada pembaca yang praktek dan masih bingung, “ini kok gini ya” “kok nggak kayak di contoh ya” “caranya kok beda ya”. Silakan untuk berkomentar dibawah, bisa tanya-tanya atau sekedar mengucapkan terima kasih. Saya terbuka menerima masukan saran dan kritik.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.

[Sumber Gambar: Screenshot dan Google Image]

About Phohan Kurniawan

2 comments

  1. makasih admin artikelnya sangat membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *